001-234-567-8910

5th Avenue Madson, NY758, USA

Get Update on our recent Gadgets & Tabs

Sejarah Desa Prancak Kecamatan Sepulu Bangkalan (4)

taken by Kirigaya Herwanto
  
SEJARAH DESA PRANCAK


       Menurut buah bibir penduduk sekitar, asal-muasal nama Desa Prancak berawal dari para sesepuh yang berkeinginan membangun sebuah masjid namun  Para sesepuh tersebut kebingungan mencari kayu yang akan dipergunakan untuk membangun masjid. Kemudian penduduk desa sekitar banyak yang mempunyai kayu-kayu besar. Penduduk desa ngracak (ramai) berkata kepada para sesepuh yang berkeinginan membangun masjid “ Badha kaju... badha kaju lo’ usah melle” (ada kayu... ada kayu tidak usah beli). Akhirnya karena karakter penduduk desa yang ngracak (ramai) maka desa tersebut diberi nama Desa Prancak.
Tradisi penduduk Desa Prancak adalah "Rokat Tasek" atau sedekah bumi yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, prosesi rokat tasek ini diawali dengan nyikal (membajak) lahan yang terletak di tepian laut dengan menggunakan sapi, setelah dibajak lalu ditanami jagung yang dimasak terlebih dahulu. Sebelum melakukan penanaman biasanya diawali dengan berdo’a bersama. Setelah prosesi penanaman jagung yaitu pelarungan kepala sapi atau kambing ke laut. Namun, setelah ada kejadian tenggelamnya sebuah kapal yang kelebihan muatan karena orang-orang banyak yang ikut dalam prosesi pelarungan, maka prosesi pelarungan diganti dengan mengubur kepala hewan tersebut di tepi laut. Selain dikubur, kepala hewan tersebut ada yang digantung di lampu merah di pantai. Pelaksanaan rokat tasek ini dilakukan serentak oleh 1 desa, tujuan rokat tasek untuk meminta keselamatan,  dan agar memperlancar rezeki.

Di Desa Prancak terdapat dua buah sumur yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Sumur tersebut ada sejak zaman Belanda yang terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk yang biasa dikenal dengan “sumur penih” dan sumur yang lain di desa laok tambak terletak di tengah-tengah sawah. Air sumur penih di percaya warga sebagai air bersih yang dapat diminum secara langsung tanpa di masak.

doc.pribadi


Desa Prancak merupakan salah satu desa yang berada dalam wilayah kecamatan sepuluh, terdiri dari 4 dusun yaitu Tanjung Putih, Laok Tambak, Prancak, dan Pesisir. Secara letak geografis prancak berada ditimur Desa Sepuluh, barat Desa Banyior, dan Desa Prancak merupakan desa paling utara. Urutan desa yang terluas dari area tiap-tiap dusun yaitu Dusun Tanjung Putih, Laok Tambak, Prancak kemudian yang terkecil Dusun Pesisir.






Posted by Moh Zakky Aprillaries H.
Desa Prancak Kecamatan Sepulu Bangkalan, 23 juli 2016



No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter